Pages


Jumat, 30 Januari 2015

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak

Ada beberapa kemungkinan penyebab printer yang tidak bisa mencetak. Koneksi printeryang tidak baik dengan jaringan listrik, dan kabel power printer yang telah di colok ke konektor listrik tidak sempurna. Atau sambungan kabel data printer sudah terhubung dengan port pararel / port USB di komputer belum pada posisi yang benar.




Langkah - langkah untuk mengeceknya yaitu :

> Pastikan telah melakukan instalasi driver untuk printer tersebut.
> Pastikan telah memilih driver yg tepat untuk printer yg digunakan.
> Pastikan telah memilih port yg tepat untuk printer (Lihat opsi ini melalui menu printer poperties).
> Coba gunakan aplikasi teks editor standard untuk sistem operasi buat mencetak sesuatu (misalnya Notepad atau Microsoft Word).
Kalo aplikasi teks editor bisa mencetak, maka kemungkinan besar kesalahan bukan pada printer.
> Cobalah untuk merubah setting printer menjadi "Default Printer" atau cobalah untuk melakukan instalasi ulang driver printer dengan nama printer yg lain dan ubahlah instalasi baru tersebut sebagai "Default Printer".
> Pastikan memiliki space hardisk yg mencukupi. Kadang kalo buffer gak cukup, maka data gak bisa dikirim ke printer dengan sempurna.
> Cobalah untuk merubah setting "spooler" untuk printer melalui menu properties printer.
Fitur "spooler" ini digunakan dengan tujuan agar tetap bisa menjalankan aplikasi ketika dilakukan pencetakan dokumen.
> Cek apakah ada resource yg konflik dengan port yg digunakan oleh printer. Gunakan bantuan "hardware troubleshooter" kalo terjadi konflik. Kasus ini mungkin juga disebabkan oleh port komputer yg bermasalah.
> Kalo langkah-langkah diatas sudah dilakukan tapi gak menemukan "titik terang", cobalah untuk memindah koneksi port printer ke port lain (misal USB1 ke USB3) atau cobalah printer di komputer lain.

Sekian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar