Pages


Senin, 20 April 2015

Cara Reset Printer Canon iP3680


Bingung cara reset printer canon IP 3680? Jangan khawatir karena disini ada solusinya. Sebelum mengindikasi printer harus direset, kita preview sekilas tentang printer IP3680.
Seri printer Canon inkjet banyak yang diawali dengan IP, misalnya IP2770, IP1980, IP1880 tapi untuk IP3680 merupakan tipe printer inkjet Canon yang lebih unggul secara kualitas. Resolusi yang cukup tinggi yaitu 9600x 2400dpi sehingga mampu mencetak foto dengan kualitas gambar sangat baik serta didukung dengan 5 catridge PGI 820 dan CLI 821 di dalamnya. Kecepatan mencetak dari printer ini mencapai 26 ppm untuk cetak hitam putih dan 17 ppm untuk cetak warna. Tapi printer ini sama juga dengan printer canon Pixma lainnya, sering muncul kode eror dari lampu indikator yang menunjukkan adanya kerusakan pada printer tersebut sesuai jumlah blinking pada indikator.


Salah satu indikator kode eror muncul blinking hijau orannye sebanyak 7x secara bergantian, serta pada monitor komputer muncul peringatan waste ink pad full. Ini menunjukkan busa pembuangan tinta sampah sudah terlalu basah. Untuk pengguna printer Canon IP 3680, cara berikut dapat mengatasi masalah eror pada printer tersebut. Yaitu dengan cara reset printer Canon IP3680 menggunakan service tool IP3680. Service tool tersebut juga bisa digunakan sebagai cara reset printer IP2770 dan seri pixma lain dengan driver service tool yang berbeda. Driver service tool dapat di unduh gratis di internet dengan kata kunci service tool ip3680.

Untuk memudahkan proses reset, perhatikan panduan di bawah ini:

Tahap awal sebelum mulai reset dengan service tool, printer di set dalam keadaan service mode caranya: printer dalam keadaan off, tekan tombol resume beberapa detik. Kemudian tekan tombol power ( tombol resume tetap ditekan), selanjutnya tekan tombol resume sebanyak 5x dan terakhir lepaskan tombol power dan resume bersamaan. Sampai disini catridge akan berjalan dan blinking akan berhenti. Bila dalam tampilan monitor muncul driver baru abaikan saja. Proses ini hampir sama dengan cara reset printer MP258 dan printer multi fungsi canon lainnya.

Tahap reset menggunakan service tool IP3680 :
  • Extract driver reseter untuk membuka file reseternya, kemudian aktifkan service tool ip3680 exe.
  • Setelah muncul program service tool, pilih reload untuk menentukan device printer.
  • Siapkan 5 lembar kertas karena pada tahap reset printer akan mencetak halaman dengan tampilan tulisan.
  • Klik tombol main dan printer akan mencetak 1 halaman.
  • Selanjutnya klik EEPROM Clear.
  • Setelah itu klik EEPROM dan printer akan melakukan proses printing, tunggu sampai selesai.
  • Setelah itu matikan printer dan tutup aplikasi resetternya.
  • Terakhir nyalakan kembali printer dan printer sudah dalam keadaan normal. Bila printer belum kembali normal ulangi lagi proses ini dari awal.

Dengan resetter in Anda tidak perlu membawa ke tukang service printer yang akhirnya mengeluarkan biaya servis. Lakukan tahap seperti tadi jika sewaktu-waktu muncul kode eror seperti yang sudah dibahas pada awal artikel ini. Selamat mencoba cara reset printer IP3680.

0 komentar

Posting Komentar