Pages


Jumat, 06 Maret 2015

Cara Mengatasi Epson T13 Tidak Tarik Kertas

                                       
Cara memperbaiki printer epson T13 tidak bisa menarik kertas. Sistem penarik kertas (istilah teknisnya, ASF) pada Epson T13 agak berbeda dengan printer Epson T11.
Pada Epson T11 sistem penarik kertasnya terletak di bawah, sejajar dengan kedudukan rel head cartridge, sedangkan pada Epson T13 sistem penarik kertasnya terletak di atas rel head cartridge.

Kerusakan yang sering terjadi pada sistem penarik kertas printer epson T13 adalah kerusakan pada dudukan as roda gigi penggerak rol penarik kertas yang sekaligus juga berfungsi sebagai rumah roda gigi.
Dudukan as roda gigi ini terbuat dari bahan plastik yang kekerasannya dibawah bahan roda gigi, sedangkan beban yang diterima dudukan as ini berat karena harus menahan tekanan kertas dengan bantalan karet.
Hasilnya dudukan as ini gampang aus yang berakibat menjadi longgar sehingga jarak antara roda gigi satu dengan lainnya bertambah besar dan akibatnya roda gigi satu dengan lainnya tidak mengait sehingga tidak bisa memutar rol penarik kertas.

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti satu set roll penarik kertas T13. Harga satu set ASF berkisar Rp 75.000. Namun jika Anda mau bersusah-payah sedikit bisa mengakalinya dengan membuatkan ring dudukan as dari plastik bekas balpoin cair sehingga dudukan as roda gigi bisa pas kembali.

ASF Epson / Auto Sheet Feeder / Pick Up Roller / Penarik Kertas untuk printer EPSON. Spesifikasi ASF Original :
Compatible ASF Epson T13x, ASF Epson T13, ASF Epson TX121x, ASF Epson TX121, ASF Epson L100, ASF Epson L200

Kondisi :

  • NEW / Original Epson
  • Packing Dus
  • Tanpa Garansi
Ciri-ciri kerusakan umum jika terjadi kerusakan pada ASF :
  • Kertas yang di tarik oleh printer double
  • Printer tidak bisa menarik kertas secara normal, paper jam, biasanya kertas yang di tarik dobel atau tidak bisa ditarik sama sekali
  • Ketika printer dinyalakan terdengar suara keras, hal seperti ini disebabkan karena ada gear atau part yang patah pada ASF

0 komentar

Posting Komentar