Pages


Jumat, 13 Maret 2015

Tips Merawat Printer


                                   

Printer adalah sebuah hardware yang wajib untuk anda gunakan. Dengan adanya printer maka anda dapat mencetak dokumen baik berupa tulisan, gambar, foto berharga dan lain-lain dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna printer adalah mudahnya mengalami kerusakan serta mahalnya biaya perbaikan.

Nah Sobat agar anda tidak mengalami hal demikian langkah tepat yang anda lakukan adalah dengan merawat printer anda agar awet dan tahan lama.

tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin. Baiklah, berikut beberapa tips mudah yang harus dilakukan untuk merawat printer anda. 

Tips Praktis Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet serta Tahan Lama

1. Gunakan sesering mungkin
Printer yang jarang digunakan akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

2. Manfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.

3. Menjaga kebersihan printer
Setelah selesai digunakan jangan biarkan printer terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer. Sebab pada beberapa jenis printer tertentu dapat mengalami kerusakan bila kemasukan debu kecil. Hal ini membuat printer anda sulit berjalan sebagaimana mestinya.

4. Gunakan kertas yang cocok
Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya. Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

5. Hindari menyentuh chip cartridge
Menyentuh chip cartridge langsung menggunakan tangan anda dapat membuat terjadinya kerusakan pada alat tersebut hal ini karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.

6. Gunakan tinta berkualitas
Tinta berkualitas adalah tinta yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas. Walaupun harganya relatif mahal tetapi hal ini akan membuat kualitas cetakannya lebih baik lagi.

7. Segera iSi ulang tinta
Sebelum terjadi kekeringan pada cartridge anda maka segeralah lakukan isi ulang tinta anda. karena bila sudah kekeringan maka akan terjadi penyumbatan pada Nozzle.

8. Jangan isi terlalu full
bagi anda pengguna printer non infus maka janganlah mengisi tinta sampai tumpah sebab hal ini dapat membuat kebanjiran pada mesin printer dan membuatnya cepat rusak.

9. Hindari meletakkan benda cair di dekat printer
Benca cair kerika tumpah dan mengenai printer maka dalam sekejap printer anda akan kebanjiran dan printer tidak akan dapat beroperasi lagi.

10.Matikan printer secara benar
Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power. Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head cartridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.

Bagaimana Sobat setelah membaca beberapa poin tips cara merawat printer agar awet dan tahan lama seperti ulasan diatas, maka saya yakin tidaklah sulit untuk merawat printer yang Anda gunakan dari berbagai macam kerusakan. Selain caranya mudah juga tidak menyita banyak waktu, semoga tips sederhana ini bisa membantu dan berguna bagi sobat siapa saja yang membacanya

0 komentar

Posting Komentar