Pages


Jumat, 27 Februari 2015

Cara Memasang Dan Melepaskan Mainboard Printer

                          http://klikglodok.com/toko/img/cms/Mainboard%20Printer%20Epson%20DFX-8500.JPG

Melepas dan memasang kembali mainboard printer mungkin bagi teknisi printer adalah hal yang sangat mudah.
Tapi apakah teknik yang digunakan adalah aman dan benar? apakah tekniknya tidak membahayakan sparepart lain?. Disini saya akan membahas cara melepas – memasang mainboard printer epson agar fuse/sekring head tidak putus. Saya survei dilapangan ternyata banyak teknisi printer yang melepas mainboard printer Epson khususnya tidak memakai teknik yang benar dan mengabaikan faktor keamanan sparepart printer yang lainya. Disini saya akan membahas urutan melepas dan memasang mainboard, penekanan pada faktor mengamankan fuse head agar tidak putus. Berikut urutanya dan sudah terbukti ampuh menjaga fuse head printer Epson tidak putus, dan hal ini sudah merupakan SOP bagi teknisi-teknisi kami.

Cara melepas mainboard printer :
  1. Lepas kabel listrik AC dan USB pada printer.
  2. Bongkar casing printer.
  3. Lepas kabel soket dari power supply ke mainboard printer, agar mainboard benar-benar bersih dari aliran listrik.
  4. Lepas kabel panel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Terakhir baru lepas kabel print head yang terhubung pada mainboard printer.

Cara memasang mainboard printer :
  1. Pasang minboard pada tempatnya dan yakinkan semua baut terpasang dengan baik.
  2. Jangan hubungkan dahulu kabel listrik AC ke power supply.
  3. Pasang kabel soket dari power supply yang terhubung pada mainboard, karena sparepart yang lain belum dihubungkan pada mainboard, hal ini tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.
  4. Pasang kabel sensor-sensor, panel, & motor penggerak.
  5. Terakhir pasang kabel print head yang terhubung pada mainboard printer, jika kabel print head dipasang lebih dahulu dari power supply, akan sering menimbulkan bunga api karena ada sisa-sisa tegangan listrik pada power supply, jika hal ini terjadi 90% fuse head akan putus dan tentunya akan menambah masalah baru. 

Langkah ini sudah berhasil di mainboard epson TX121, T13, L100, L200. Demikian sedikit sharing dari saya, sesungguhnya ada hal-hal lain yang belum saya sampaikan yang berkaitan dengan memasang mainboard printer yang akan disambung di artikel berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar

Posting Komentar