Pages


Rabu, 11 Februari 2015

Mengenali Kerusakan Printer Laser

Anda sering mengalami kerusakan pada printer atau kendala hasil mencetak printer laser tidak sempurna, misalnya terdapat berak titik besar atau kecil pada hasil cetak, muncul garis horisontal atau vertikal, hasil cetak hanya separuh atau ada yang kosong. Jika itu terjadi pada printer laser Anda, sebaiknya jangan buru-buru memutuskan untuk membawa ke servis printer atau komputer. Barangkali kerusakan itu masih bisa diperbaiki sendiri di rumah.

Dengan alat yang sederhana dan panduan artikel ini, kita akan belajar untuk mengatasi kendala kerusakan pada printer dan solusinya jika hasil cetak yang tidak sempurna pada printer laser. Sebagai contoh akan kita gunakan printer HP laserjet P1102 yang cukup banyak dimiliki baik pribadi maupun perkantoran.

Sebaiknya persiapkan beberapa alat yang Anda butuhkan seperti obeng plus- minus, tang cucut/lancip, kain halus atau tisu. Kemudian kita identifikasi kerusakan mulai dari beberapa indikasi kerusakan hasil cetak seperti:


  1. Muncul titik kecil atau besar yang selalu muncul dengan jarak 10-15 cm ke bawah pada hasil cetak, kerusakan pada printer ini terletak pada OPC drum yang mungkin ada kotoran melekat. Perbaiki dengan cara buka dan lepas OPC drum dan bersihkan dengan kain halus atau tisu. Membukanya dengan memakai obeng dengan melepas pin pengunci Drum, jika sudah bersih dan tidak ada noda hitam menempel maka pasang kembali OPC Drumnya.
  2. Muncul garis hitam lurus kebawah. Kerusakan terjadi pada Wipper Blade yang sobek atau tergores sehingga tidak mampu menyapu sisa toner yang menempel pada Drum. Perbaiki dengan membuka bagian catridge menjadi 2 bagian, yaitu sisi bagian toner dan sisi bagian sampah toner. Wiper Blade terletak pada bagian sampah berfungsi menyapu sampah dan penutup sekat sampah pada catridge. Ganti dengan yang baru jika memang wipper Blade lecet, sobek atau tergores.
  3. Muncul garis hitam melintang pada hasil cetak di kertas. Kerusakan pada printer laser ini terletak pada doctor Blade atau magnet roller. Buka catridge dengan cara seperti yang sama dengan nomor 2 di atas. Lihat dan cek pada bagian magnet yang berbentuk tabung kecil berwarna hitam serta sekat toner atau Doctor Blade, biasanya karena sudah tidak kencang, karet sekat akan tidak maksimal dam mengatur banyak sedikitnya toner yang akan digunakan untuk mencetak, sehingga jika terlalu banyak yang dikeluarkan akan membuat garis hitam melintang karena tidak tersapu oleh Wipper Blade.
Demikian sedikit identifikasi dan panduan kerusakan pada printer dan cara mengatasinya pada printer laserjet. Kerusakan hasil cetak diatas sering terjadi sehingga Anda bisa memperbaikinya sendiri.

0 komentar

Posting Komentar