Pages


Minggu, 08 Februari 2015

Menangani Hasil Print Berbayang Pada Printer Laser

Jika cetakan pada halaman kertas anda terdapat garis-garis hitam atau kadang berbayang, hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab. Biasanya hal ini banyak disebabkan oleh terdapatnya benda asing yeng menempel pada scanner atau kaca pemantul. Namun jika masalah tidak berada pada kaca pemantul, bisa jadi berada pada unit imaging.
Solusi:
Jika menemui permasalahan semacam ini, disarankan untuk mengganti cartridge printer laserjet anda dengan catridge atau toner yang sekiranya masih baik. Tapi jika anda menggunakan system multi-komponen (Drum, Dr.Blade, Wiper Blade, PCR yang masing-masing unit terpisah) ini bisa menjadi rumit. Namun, dalam masalah terdapatnya garis hitam atau berbayang pada halaman cetak, biasanya dikarenakan oleh sbb :
  • Drum yang sudah rusak/tua dan perlu diganti dengan Drum yang baru atau dari kanibalan cartridge yg tidak dipakai atau yg msih layak. Terlihat pada gambar diatas terdapat gambar Drum yg baru dengan warna yg berbeda, untuk gambar c1 dan gambar c2 biasanya terdapat di vendor tempat kita refill toner.
  • Dr.Blade spt gambar di atas biasanya ada bekas toner yang menempel di sepanjang karet (Dr.Blade) hendaknya kita bersihkan dengan air dengan perlahan-lahan karena karet dari Dr.Blade tsb sangat rentan karena tipis (Untuk hal seperti ini harus diserahkan kepada ahli service cartridge untuk memungkinkan salah dalam cara pembersihan atau penggantiannya) atau bisa diganti dengan Dr. Blade yang baru atau dari kanibalan cartridge yang tidak dipakai atau yang msih layak.
  • Wiper Blade biasanya di sepanjang karetnya terdapat garis kecil bekas toner kering hendaknya kita bersihkan dengan air dengan perlahan-lahan dan jika ada karet yang terpotong kecil baiknya kita menggantinya dengan Wiper Blade yang baru atau dari kanibalan cartridge yang tidak dipakai atau yang msih layak(Untuk hal seperti ini harus diserahkan kepada ahli service cartridge untuk memungkinkan salah dalam cara pembersihan atau penggantiannya).
  • PCR (pengembang) seperti gambar di bawah. Biasanya terdapat garis melingkar atau bergelombang di sepanjang PCR.

0 komentar

Posting Komentar