Pages


Minggu, 08 Februari 2015

Cara Terbaik Memasang Head Printer Epson

Bagi teknisi yang berpengalaman, tentunya memasang print head epson inkjet adalah hal yang mudah. Memasang print head memang terkesan tinggal pasang langsung jalan. Sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan, ada beberapa trouble shooting yang harus dihadapi, misalnya : cetak blank, hasil tetap tidak sempurna, hasil cetak berbayang dan lainya. Sehingga perlu penanganan khusus setelah memasang print head.
Kenapa kami menulis tips cara pasang head epson L110,L120,L300,L210,L350?. Karena menurut saya pribadi, penanganan memasang head seri ini berbeda dengan seri-seri sebelumnya misalnya Epson C90,T11,T20E,T13,TX121,L100,L200 yang versi print headnya adalah sama dan juga printer epson 6 warna R230,T60, dan L800 yang mempunyai kemiripan teknik pemasangan.

Disini kami bermaksud untuk berbagi pengalaman cara memasang print head epson L110,L120,L300,L210,L350 yang sudah kami lakukan berkali-kali yang berhasil dan sukses tanpa masalah. Dengan artikel ini kami juga bertujuan membantu mempermudah pelanggan kami yang tersebar di kepulauan Indonesia dalam memasang print head seri ini. Berikut kami sampaikan tips cara memasang print head epson L110,L120,L300,L210,L350 :

  1. Sebelum memasang head, yakinkan dahulu pompa purge unit, kabel head, mainboard dan ink catridge dalam keadaan bagus.
  2. Yakinkan tinta yang digunakan berkondisi dan berkualitas bagus, kuras dan cuci tabung tinta serta cartridge jika Anda ragu-ragu dengan kualitas tinta yang ada pada printer yang akan diganti print headnya, kemudian ganti dengan tinta yang baru.
  3. Yakinkan ink cartridge tinta diatas print head dalam kondisi bagus dan tidak bocor.
  4. Jangan menambahkan tinta baru yang berbeda merek, dikhawatirkan memiliki kekentalan dan bahan tinta yang berbeda jauh, sehingga hasil cetak akan berantakan.
  5. Jangan memaksa dan banyak melakukan cleaning  dari software jika hasil cetak tidak kunjung sempurna, karena semakin banyak melakukan cleaning tinta banyak tersedot tapi hasil cetak tetap tidak sempurna.
  6. Lakukan cleaning maksimal 2-3x saja, kemudian diamkan printer selama 2-3 jam. Dalam kasus tertentu proses pendiaman sekitar 12 jam/semalaman untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
  7. Lebih baik pasang jalur pembuangan tinta(limbah) agar printer selalu dalam keadaan bersih, lakukan dengan rapi dan lubang pada casing tidak terlihat secara langsung. Lubangi pada bagian bawah printer untuk memasang selang pembuangan.

Demikian saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua. Sekali lagi ini adalah pengalaman pribadi, mungkin ada temen-temen teknisi yang mempunyai pengalaman yang lebih baik lagi. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar