Pages


Rabu, 25 Februari 2015

Cara Menggati Motherboard Printer Epson T13X

Printer Epson Stylus T13x adalah generasi kedua dari pendahulunya yakni Epson Stylus T13, dan penambahan huruf x pada printer produk epson  seperti r230x dan lain-lain. biasanya menandakan bahwa printer tersebut keluaran baru atau generasi baru dari produk epson dengan tipe, bentuk, corak yang sama dengan  pendahulunya.

Walaupun bentuk, corak, fungsi dan yang lainnya sama, tentunya ada hal lain yang berbeda dari jenis printer dengan penambahan tipe x dan tanpa tanda x di ujung seri printer tersebut, seperti contohnya yang akan saya bahas sekarang ini.
Kurang lebih 2 bulan ini saya di sibukan dengan pekerjaan memperbaiki printer epson stylus t13x dengan berbagai macam kasus, diantaranya adalah motherboard yang bermasalah, dari mulai bilingking, cartridge tidak terdeteksi, mati total, dan lain-lain.
Akibat banyaknya permintaan konsumen terhadap jasa perbaikan printer jenis ini terutama kerusakan pada motherboard di tempat saya beberapa hari terakhir ini, akibatnya saya kewalahan menyediakan spare part  khususnya motherboard printer epson t13x, dan juga masalah harga yang relatif mahal dan tergolong masih baru.

Dan hal ini bisa diatasi dengan mengganti motherboard printer epson t13x dengan motherboard printer epson t13, dan tentunya ada hal-hal yang harus di rubah agar bisa berjalan dengan baik.

Motherboard epson stylus t13 dan t13x
Motherboard epson stylus t13 dan t13x

Pada gambar diatas terlihat jelas dua buah motherboard printer epson dengan seri / tipe t13, tetapi kalau kita pasang atau di coba pada sebuah printer epson stylus t13x, pasti hanya satu saja yang bisa berjalan dengan normal, Kenapa ? kedua motherboard pada gambar diatas tidak mempunyai masalah (bagus), hanya saja dua buah motherboard diatas berbeda, yakni mobo 1 printer epson t13 dan yang satu lagi epson t13x.
Untuk mengganti motherboard printer epson stylus t13x dengan motherboard epson t13 hanya sedikit melakukan modifikasi (mengganti part ) :
  1. Cip cartridge
  2. Board detector chip
board detector cip
board detector chip
Kalu tidak kita ganti 2 part diatas hasilnya tidak akan bejalan, biasanya cartridge tida terdeteksi oleh motherboard, dan hasilnya printer tidak bisa di gunakan sama sekali, dan lampu power dan resume berkedip-kedip.

0 komentar

Posting Komentar